Pencarian Data Mahasiswa di PDDIKTI

Untuk mengetahui validasi data mahasiswa di suatu perguruan tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) menyediakan suatu sistem informasi yang disebut sebagai Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Proses pencarian data dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai beriktu:

  • Akses laman https://forlap.ristekdikti.go.id/
  • Pilih menu pencarian

Ada beberapa menu pilihan terkait data yang akan dicari, dalam hal ini pencarian data hanya untuk profil mahasiswa saja. Selanjutnya pilih menu Pencarian Data kemudian pilih submenu Profile Mahasiswa.

 

  • Masukkan identitas yang dibutuhkan

Langkah berikutnya adalah memasukkan rincian data perguruan tinggi, program studi, dan identitas mahasiswa yang akan dicari. Disini, contoh pencarian dilakukan untuk mencari data mahasiswa di Sekolah Tinggi Teknologi Garut dengan nomor induk mahasiswa tertentu.

 

  • Hasil Pencarian

Selanjutnya, jika data ditemukan maka data mahasiswa tersebut benar-benar tercatat sebagai peserta didik di perguruan tinggi tersebut.

 

  • Detail Informasi Hasil Pencarian

Untuk mengetahui status mahasiswa, maka kita bisa klik nama mahasiswa yang dimaksud kemudian akan ditampilkan riwayat aktivitas perkuliahan dan rincian mata kuliah yang pernah diambil selama perkuliahan.

 

Demikian langkah-langkah pencarian data mahasiswa pada sistem informasi PDDIKTI untuk menjamin validasi data seorang mahasiswa di perguruan tinggi. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *